Sabtu, 19 Mei 2012

Tes Pendidikan Demokrasi


1.      Saat ini banyak orang yang meributkan dan membicarakan demokrasi. Menurut saya hal ini terjadi karena orang-orang saat ini berada pada masa demokrasi, akan tetapi demokrasi yang mereka rasakan tidaklah sama seperti yang ada dalam teori ataupun konsep demokrasi. Dengan kondisi seperti ini maka orang-orang ataupun masyarakat mulai menanyakan apa sebenarnya demokrasi itu?  untuk apa demokrasi tersebut?
2.      Demokrasi di Indonesia, ujarnya, agar berubah menuju format baru yang disebut uncommon democracy, demokrasi yang tak lazim (Media Indonesia, 19 Juli 1995).   Affan Gaffar mencirikan lima karakter uncommond democracy bagi Indonesia. Pertama, pemerintahan yang kuat. Dalam situasi masyarakat Indonesia yang plural, dan cenderung menghasilkan fragmentasi sosial, "pemerintahan yang kuat yang mempunyai peluang membentuk agenda, disertai dengan kapasitas untuk mengimplementasikanya, merupakan keharusan." 
        Kedua, Hadirnya sebuah partai politik yang dominan. Golkar mempunyai peluang sebagai partai dominan itu. Akan lebih berarti lagi jika Golkar memenangkan pemilu melalui proses dan mekanisme peneyelenggaraan 
yang demokratis.   Ketiga, dwi fungsi ABRI juga tak perlu dipermasalahkan sebagai kenyataan sejarah. Bagaimanapun, ABRI, menurut Afan, sudah mempunyaitingkat kehadiran yang sangat tinggi dalam perpolitikan nasional. 
        Keempat, perlunya kemandirian lembaga politik, seperti lembaga 
perwakilan rakyat, lembaga peradilan, partai politik , dan pers. Kelima, 
basic human rights harus benar-benar dinikmati rakyat seperti kebebasan 
berserikat, kebebasan berbicara, kebebasan pers. Dengan demikian 
partisipasi masyarakat dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan 
bernegara dapat terwujud. 
        Terhadap kondisi politik yang sekarang berlaku, Afan ingin 
menambahkan kadar kebebasan. Akibatnya, sistem itu memiliki kesamaan 
dengan demokrasi modern, yang respek atas hak asasi manusia. Di sisi lain, 
sistem itu juga memiliki perbedaan dengan demokrasi modern, karena 
hadirnya realitas politik yang unik dan tidak biasa (uncommon), seperti 
dwi fungsi ABRI dan hegemoni sebuah partai politik dalam jangka waktu yang 
sangat lama. Afan melakukan sejenis perkawinan silang dari dua sistem politik 
yang berbeda. Mungkin karena kombinasi yang unik inilah, ia menamkannya 
uncommon democracy. 
3.      Pada dasarnya demokrasi adalah menyangkut suatu kekuasaan dan bagaimana kekuasaan tersebut mampu dikelola secara bersama-sama. Dalam pengelolaannya terdapat beberapa prinsip yaitu adanya kesimbangan pembagian kekuasaan, adanya keseimbangan hubungan kekuasaan antara pemerintah dan rakyat serta adanya kekuatan interaksional  yang mampu mempengaruhi suatu bangsa sehingga mampu mendorong proses ketercapaian kedua keseimbangan tersebut. Sebenarnya ide pokok demokrasi adalah pandangan hidup yang tercermin dari perlunya suatu partisipasi warga untuk membentuk nilai yang mengatur kehidupan bersama. Demokrasi bukan hanya sekedar berada dalam pemerintahan akan tetapi demokrasi lebih condong berada dalam hal bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, yang didalamnya sangat memerlukan adanya visi dank ode etik yang dijabarkan secara formal dalam hokum dan undang-undang yang dipatuhi oleh semua warga Negara, adanya system hokum yang bersifat mandiri, adil dan obyektif, system pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat, struktur social. Politik dan ekonomi yang jauh dari monopoli serta memberikan kesempatan yang sama bagi semua warga untuk melakukan mobilitas, adanya kebebasan berpendapat dan berserikat serta kebebasan menentukan pilihan secara adil dan bebas. Sehingga menurut saya system demokrasi harus mampu mencakup seluruh aspek kehidupan. Jadi masyarakat dapat dengan tenang menjalankan apa perannya dalam masyarakat tersebut tanpa terjadi adanya pengekangan ataupun rasa ketidaknyamanan dalam menjalankan suatu hal. Dengan adanya system demokrasi seharusnya mampu memberikan rasa aman bagi masyarakat didalamnya supaya kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dapat berjalan secara baik.
4.      a. pendidikan yang berjalan di indonesia menurut saya demokrasi dalam pendidikan belum berjalan seutuhnya karena meskipun pendidikan yang dilaksanakan sudah desentralisasi tetapi kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan sistem pendidikan masih tetap dikuasai oleh pusat. Bahkan dapat kita lihat dari jalannya ujian nasional yang masih diselenggarakan oleh dinas pendidikan banyak mengalami kontroversi  karena menimbulkan berbagai macam permasalahan. Apabila pendidikan benar-benar sudah demokratis maka ujian nasional yang kurang memberikan dampak baik dalam pendidikan harus dihentikan dan disesuaikan dengan kondisi masing-masing sekolah sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut.
b. demokratisasi pendidikan menurut saya adalah untuk menghasilkan lulusan yang mampu berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat dan mampu mempengaruhi pengambilan keputusan public Dalam diri setiap peserta didik ditanamkan serta dikembangkan sikap politik dan kemampuan untuk berpartisipasi dalam proses politik. Sekolah memang bukan lembaga politik tetapi memiliki tanggungjawab dalam memberikan kemampuan terhadap peserta didik untuk bisa memerankan fungsi dirinya sebagai anak bangsa dalam lingkungan yang demokratis. Selain itu sekolah juga bertanggungjawab dalam mengembangkan pengetahuan dan kemampuan peserta didik untuk berpartisipasi dalam membangun masyarakat yang lebih baik.
c. relasi antara pendidikan dengan penegakan demokrasi di indonesia terutama dalam mendorong terwujudnya transformasi social menurut saya adalah Kehidupan masyarakat yang plural dan demokratis merukan sebuah tuntutan realitas yang ada dalam masyarakat Indonesia. Bentuk pluralism dan demokrasi di Indonesia pada masa depan sangat tergantung dari bagaimana proses pendidikan yang berlangsung. Pendidikan merupakan suatu proses menanamkan dan mengembangkan pada diri peserta didik tentang pengetahuan kehidupan, sikap dalam kehidupan, nilai-nilai kehidupan, dan keterampilan dalam kehidupan agar kelak dapa membedakan sesuatu yang baik dan buruk sehingga kehadirannya dalam masyarakat memiliki makna dan berfungsi secara optimal. Inti dari pendidikan adalah interaksi antara siswa-guru, yang berkaitan denga materi pembelajaran dan lingkungan yang biasanya kita kenal dengan proses pembelajaran atau belajar-mengajar. Dalam masyarakat demokratis, kedisiplinan sangatlah diperlukan. Karena disiplin merupakan syarat ternentuknya masyarakat demokratis. Dengan adanya kedisiplinan maka akan menimbulkan sifat-sifat seperti tanggung jawab, kemampuan control diri, resperk terhadap hak oranglain, tidak mengganggu hak oranglain, kesetiakawanan serta hubungan antar pribadi yang baik.dengan demikian demokrasi menjadi fondasi dari demokrasi.
5.   Demokrasi sangat sulit untuk ditegakkan di Indonesia menurut saya karena Indonesia merupakan suatu Negara yang memiliki keanekaragaman yang sangat banyak sehingga menjadikan Indonesia memiliki berbagai macam sifat dari masing-masing individu yang mengakibatkan pemahaman mereka akan demokrasipun berbeda-beda. Dapat kita lihat sejak zaman sebelum kemerdekaan selalu terjadi adanya perbedaan pendapat baik itu anatara golongan tua dan golongan muda, antara rakyat dengan pemerintah, antara kaum cendekia (mahasiswa) dengan kaum politisi. Mungkin perbedaan pendapat inilah yang menjadikan system demokrasi yang ada di Indonesia sulit untuk dikembangkan dan dijalankan.  Sehingga untuk mewujudkan Kehidupan masyarakat yang demokratis dapat dilakukan dengan cara mendidik warga masyarakat untuk memiliki dan mengedepankan sifat-sifat dan karakter yang mendukung demokrasi
6.   Demokratisasi dalam segala aspek kehidupan dapat mendukung terwujudnya masyarakat yang multicultural. Karena menurut saya Demokrasi memberikan kesempatan pada warganya dalam mengambil peran dan partisipasi dalam menentukan aturan bagi masyarakat sehingga dalam masyarakat yang demokratis warga masyarakat akan taat, patuh dan tunduk pada peraturan. Dalam masyarakat ini harus adanya system dan prkatek pendidikan yang menghargai dan menjunjung tinggi adanya perbedaan, bertindak adil dalam memberikan pelayanan sehingga para siswa mencapai prestos yang optimal. Kenanekaragaman mampu menjadikan kehidupan kita semakin indah dan membahagiakan. Berbagai masyarakat perbedaan dan keanekaragaman yang terdapat dalam masyarakat bila dikelola dengan baik akan menjadi suatu kekuatan tersendiri dalam masyarakat tersebut. Kehidupan masyarakat yang demokrasi akan semakin baik bila didukung oleh warga masyarakat yang terdidik. Semakin tinggi tingkat pendidikan warga masyarakat akan semakin besar pula jumlah lembaga-lembaga yang mendukung kehidupan demokrasi. Keberhasilan dalam mengembangkan kultur demokrasi merupakan syarat mutlak bagi suatu bangsa untuk bisa menciptakan system dan tatanan demokrasi.
7.   a. perilaku Negara Amerika Serikat jika dibenturkan pada prinsip demokrasi itu sendiri menurut saya sudah sangatlah menyimpang. Dapat kita lihat dari hal-hal yang terjadi akhir-akhir ini kalau ternyata Amerika yang katanya sangat menjunjung tinggi adanya demokrasi justru merupakan Negara yang paling tidak demokrasi terhadap Negara lain terlebih kepada Negara yang dianggap mampu mengganggu keberlangsungan Negara Amerika itu tersendiri. Seperti halnya apa yang amerika lakukan terhadap Negara-negara di kawasan timur tengah seperti Irak yang presidennya Sadam Husain dihukum mati, kemudian Intervensi yang dilakukan di Negara Iran karena pemimpin negara ini berani menentang Amerika dengan pengembangan Nuklirnya, yang sangat menjadi pertanyaan dalam hal ini adalah Amerika melalui PBB melarang penggunaan nuklir di Iran karena dianggap membahayakan padahal Negara Amerika sendiri uga menggunakan nuklir dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam militer.
b. apakah sukses suatu Negara yang melakukan demokratisasi disuatu aspek seperti pendidikan, ekonomi serta politik misalnya ditiru dan diambil resep kesuksesannya dalam meraih kesusksesan yang sama di Negara lain menurut saya tidak selamanya benar karena kehidupan social dari setiap Negara berbeda-beda. Keberhasilan dari sebuah demokratisasi sebenarnya bergantung dari keadaan social masyarakat dimana apakah kebijakan atau resep yang digunakan dalam mewujudkan demokratisasi tersebut sesuai dengan nila-nilai yang terdapat dalam masyarakat serta dapat diterima oleh masyarakat yang ada. Selain itu untuk melakukan adanya sebuah demokratisasi tidak terjadi secara langsung, akan tetapi hal ini membutuhkan adanya suatu proses yang lumayan unutk mempersiapkan segala kebutuhan dalam menjalankan kebijakan yang akan dilaksanakan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar